Puncak OPBE, Menandai Resmi Bergabungnya Etoser 2017 sebagai Keluarga Besar Etos Semarang

Alhamdulillah telah dilaksanakan serangkaian kegiatan Puncak Orientasi Beastudi Etos 2017 yang bertempat di Lapangan Tembak, Tembalang, Semarang pada tanggal 25-26 November 2017. Kegiatan dibuka dengan upacara pembukaan yang dipimpin ketua panitia dan pembina oleh Korwil Esem. Hari pertama berlangsung dengan penyampaian materi yang meliputi Internalisasi Nilai Keetosan oleh bapak Faris Fanani selaku Korwil Esem, materi pertama ini disampaikan guna menambah pemahaman etoser tentang nilai PEMUDA Kontributif (Pemimpin, Mandiri, Unggul, Disiplin, Akhlak Islami, dan Kontributif) yang merupakan karakter Negarawan Muda. Materi kedua mengenai Ruhul Istijabah disampaikan oleh Ustadz Teguh, menggali cara untuk menjadi insan yang selalu menyegerakan diri dalam memenuhi panggilan Allah SWT. Setelah Ishoma, diadakan sesi sharing Etos Prestatif yang diisi oleh beberapa etoser aktif dari masing-masing angkatan yang dimaksudkan untuk memacu semangat etoser 2017 dalam kehidupan kampus maupun asrama kedepannya. Etoser tersebut yaitu Dian Wijayanti (2016), Sabrina Amaliya (2015), dan Aji Nugroho (2014). Selanjutnya ditampilkan presentasi profil Beastudietos dan Dompet Dhuafa oleh etoser 2017. Materi 3 oleh Ustadz Anif Sirsaeba disampaikan mengenai Akhlak Islami yaitu untuk berperilaku sesuai dengan syariah yang telah diajarkan lewat Al-Qur'an dan hadits. Tak berhenti disini, sore harinya ditampilkan pensi oleh 2017 dan malamnya dengan Sharing Alumni yang menjadi penutup agenda dihari pertama.
Hari kedua diawali dengan Jurit Malam pada pukul 01.00 sampai 03.00 WIB yang diadakan untuk menguji dan melatih ukhuwah etoser sekaligus sebagai sarana untuk muhasabah diri dalam 4 pos yang berbeda. Kemudian dilaksanakan persiapan shalat subuh dan alma'tsurat serta majelis pagi. Kegiatan kembali dilanjutkan dengan senam pagi dan sarapan bersama. Lalu outbound yang dimulai pukul 08.00-11.00 WIB di area sekitar lapangan tembak. Outbound dibuat dalam 4 pos permainan dengan pembagian tim ikhwan dan akhwat, dalam 4 permainan yang berbeda ini diharapkan menjadi sarana refreshing sekaligus memperat ukhuwah dan kerja tim mereka. Kegiatan hampir usai, setelahnya ishoma sekaligus berkemas untuk kepulangandiadakan evaluasi untuk penugasan dan kegiatan yang telah berlangsung.
Telah sampai pada agenda puncak sekaligus penutup, yaitu Pelantikan untuk Etoser 2017. Adanya upacara pelantikan ini menjadi titik awal untuk keikutsertaan etoser 2017 dalam kontribusi aktif di kegiatan Etos Semarang kedepannya.
Barakallah kepada etoser 2017, El Mumtazzein. Semangat untuk belajar, berkarya dan menebar kebermanfaatan.

"Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk." [Āli `Imrān: 103] (is)










Share on Google Plus

About Etos Semarang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment