Alumni Etos Semarang Juara Konferensi Paper di UNISA Yogyakarta


Semarang – Jumat, 10 Maret 2017 dilaksanakan Konferensi Paper tentang pemberdayaan masyarakat di UNISA Yogyakarta. Konferensi ini di ikuti dari kalangan tenaga pendidik seperti dosen yang mengharapkan publikasi ilmiah pada acara tersebut. Hal ini tidak menyurutkan alumni penerima manfaat Beastudi Etos Semarang, Salman Fathoni angkatan 2012 alumni jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan untuk turut andil dalam acara tersebut. Bersama 3 orang rekan setimnya yang berprofesi sebagai dosen Undip, Salman menjadi speaker termuda pada acara tersebut dan membawakan Paper yang berjudul “Penerapan Teknologi Tray Dryer pada Pengeringan Dendeng Jantung Pisang di Kelurahan Rowosari Kota Semarang”. Tak disangka paper yang mereka buat dinobatkan sebagai Best Paper. Walhasil ini menjadi kebanggaan tersendiri karena sebagai paper ternaik sekaligus peserta termuda pada ajang tersebut.


Penghargaan Best Paper

Adapun Tray Dryer ini membantu proses pengeringan pada produk olahan dari jantung pisang yang biasanya dengan cara tradisional yakni dijemur 3-4 hari, dengan alat ini proses pengeringan cukup memakan waktu 3-4 jam saja. “Sumber panas berasal dari gas elpiji sehingga ramah lingkungan. Ini tentu saja bisa meningkatkan jumlah produksi masyarakat di desa binaan kami, Rowosari” tambah Salman.


Alat Tray Dryer
Saat ditanya apakah ada rencana untuk mematenkan alat ini Salman menjawab “Masih dipertimbangkan. Untuk sementara orientasinya pada profit dulu”. Semoga apa yang telah dilakukan tetap dapat bermanfaat untuk masyarakat bangsa dan negara.


Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment