RAPAT KERJA DAERAH DESPRO WILAYAH SEMARANG


RAPAT KERJA DAERAH DESPRO WILAYAH SEMARANG

    Semarang, 6 Maret 2016, Rapart Kerja Daerah DESPRO Semarang kembali diselenggarakan. Setelah terpilihnya Muhammad Fajri Izzul Muslimin sebagai ketua DEPRO pada RAKERDA Semarang  bulan lalu. Ini merupakan langkah awal yang diambil koordinator  dan kebinet baru guna memantapkan langkah kerja baru. Mengusung Rowosari Madani 2017, RAKERDA dimulai dengan taujih oleh pendamping DESPRO Semarang Asep Muhammad Samsudin. Dilanjutkan dengan pemaparan program kerja Divisi Pendidikan yang dilakukanlangsung oleh Kadiv pendidikan Amnan Haris. Terdapat enam proker besar Divisi Pendidikan yakni  Achievent Motivation Training (AMT), Education Fair, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Komunitas Baca Madani, TPQ Almanaar, Inventaris dan Pengadaan Buku. 

    Pemaparan selanjutnya dilakukan oleh Divisi Kesehatan yang diketuai Irwan Hermawan. Pada kepengurusan tahun ini divisi kesehatan menargetkan lima proker besar untuk diwujudkan yakni Senam Sehat Rowosari, Kerja Bakti, Bank Sampah, Pengobatan Gratis dan Vegetable Day, Tong Sampah. Sempat terjadi perdebatan saat pembahasan proker bank sampah, kerena program yang dinilai kurang matang. Solusi yang diberikan adalah dengan melakukan selaturahim pada pemilik bank sampah yang ada di Semarang, setelah itu melakukan kajian apakah warga membutuhkan atau tidak terkait adanya pengadaan bank sampah ini. 

    Penyampaian proker ketiga dilanjutkan oleh divisi Sosial yang dipimpin oleh Aditya Estiawan. Terdapat lima proker besar yakni Gathering, Controling, Tabligh Akbar, Peatihan softskill, Sosiopreneur. Fokus utama ditahun ini adalah banyak melibatkan pemuda karang taruna Perisai Diri dalam kegiatan DESPRO. Selain itu terkait pengembangan wisata Rowosari, ada usulan untuk mengadakan adanya POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata). 


     Selanjutnya adalah pemaparan dari divisi Ekonomi yang dipimpin oleh Romandhon. Pembahasan untuk divisi ekonomi sedikit memakan waktu lama kerena banyaknya usulan yang diberikan. Berikut adalah proker unggulan dari divisi ekonomi Rebaranding Produk Robana, Penetapan standarisasi produk, Perbaikan Marketing, Produksi secara rutin. Perbaikan yang dilakukan untuk tahun ini adalah pengubahan sasaran, melakukan standarisasi produk agar rasa dan kualitas produk sama rata dan terjaga, kemudian pemilihan dan pencarian partner dalam marketing produk. Dengan adanya proker dan arahan yang baru ditahun ini, diharapkan kinerja DESPRO akan semakin membaik, dan target besar di tahun 2017 yakni Rowosari menjadi desa madani dapat terwujud. 
Rowosari Madani Menginspirasi Negeri!

Author : Dita Zulfiana
             Penerima Manfaat Beastuidi Etos Angkatan 2013, Semarang




Share on Google Plus

About Etos Semarang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment