Pembinaan Etoser 2015 Edisi Maret : »Siap Memimpin, Siap Dipimpin«


Assalamualaikum Wr. Wb.
   Selamat malam kawan, kebersamaan memang bukan segalanya tapi itu adaah hal yang bisa mengubah segalanya :-)

     Alhamdulillah, pembinaan bulan Maret ini dapat terlaksana dengan lancar. Karena kesibukan yang mulai mendatangi Etoser 2015 tanpa terkecuali pendamping angkatan yang juga super sibuk, jadi pembinaan kali ini dilaksanakan pada malam hari. Rabu, 23 Maret pembinaan berlangsung di Pizza Hut daerah Banyumanik.

    Hehe barakallah GL yang bisa menuai ilmu sekaligus refreshing bareng. Tapi harus kalian tahu kawan, tempat pembinaan yang cukup jauh dari asrama ini sempat menimbulkan masalah, karena akomodasi tranportasi yang kurang terpenuhi.

   Pada kesempatan kali ini Etoser 2015 mendapat materi dari Ketua BEM Universitas, Fawas Syaifullah dengan tema kepemimpinan. Pemimpin yang baik itu harus bisa menjadi teladan, bukan hanya pemberi instruksi yang selalu benar dan harus diikuti. Pada dasarnya manusia diciptakan untuk menjadi pemimpin di dunia ini, dari memimpin diri sendiri, keluarga, organisasi, sampai masyarakat. 

Pemimpin yang adil dalam islam memiliki akhlakul karimah, antara lain :
- Mampu menyiapkan generasi yang baik, yaitu calon pemimpin selanjutnya. Proses penyiapan ini bukan serta merta dalam sekali waktu tapi dengan pendampingan dan pembinaan yang berkelanjutan. Seperti halnya Rasulullah yang mendakwahkan ilmunya tentang islam dengan maksud agar ajarannya dapat dilanjutkan untuk mendidik generasi selanjutnya.

- Mengetahui elemen sekitarnya, dapat dilakukan dengan mendekatkan diri dengan masyarakat yang dipimpin dan mempelajari apa saja masah yang ada di masyarakat. Pemahan pada elemen sekitar ini dapat memudahkan seirang pemimpin untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat sasaran.

- Berlapang dada dalam menyelesaikan msalah, pemimpin harus mampu mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah karena hasil akhir (keputusan) ada di tangan seorang pemimpin. Berlapang dada maksudnya menghimbau seorang pemimpin untuk tetap tekun dan tabah saat menghapi masalah.

- Arah, komando, dan perintah yang diberikan harus logis, agar dapat dilaksanakan dengan mudah dan jelas.

Kurang lebih seperti itulah materi yang diterima oleh etoser 2015. Dengan harapan kita semua bisa menjadi pemimpin yang adil dan amah.

Nah itu tadi pembinaan bulanan dari Giant Leader.
Semoga berkah dan bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Author : Ika Shintya
              Penerima manfaat Beastudi Etos angkatan 2015, Semarang
Share on Google Plus

About Etos Semarang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment