Reframing untuk Mengubah Persepsi


Semarang- Sabtu, 25 April 2015, Etoser Semarang 2014 atau yang lebih akrab disebut The Divers of Glory melaksanakan kegiatan pembinaan rutin mingguan. Acara pembinaan dimulai sekitar pukul 08.00 diikuti oleh 20 etoser dan kedua pembina etoser angkatan 2014 yaitu Mas Tantri dan Mas Riski. Pembinaan kali ini bertempat di masjid Al Mannar, kompleks perumahan Banjarsari, bersama pembicara Bapak Faris Fanani dengan tema yang cukup menarik yaitu Reframing.
Reframing merupakan salah satu Neuro Linguistic Programming yang berfungsi untuk mengubah emosi atau persepsi negatif terhadap suatu hal dengan cara mengubah sudut pandang. Sesuai dengan namanya, teknik ini akan membingkai ulang suatu peristiwa dengan sudut pandang yang lebih positif. Reframing ini sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah trauma dan phobia yang sering dialami seseorang.
Reframing adalah persepsi yang terbentuk dari pola pikir. Persepsi ini hanyalah pemaknaan dan penilaian dari diri kita sendiri atas sebuah rangsangan atau kejadian yang kita alami. Persepsi juga bisa terbentuk dari anggapan orang lain terhadap diri kita yang sering disebut dengan istilah labeling.
Serangkaian materi reframing yang disampaikan tampak menggugah minat para etoser untuk menerapkan reframing sebagai sebagai upaya mengatasi ketakutan mereka akan suatu hal. Hal ini terlihat dari beberapa etoser yang mulai berlatih mereframing rasa phobia mereka seperti phobia pada ketinggian, tidak suka biji-bijian yang lembek, phobia gelap dan beberapa phobia- phobia lainnya. 
Dengan adanya pembinaan reframing ini diharapkan etoser bisa mereframing kembali apa yang menjadi ketakutan dan ketidaknyamanan mereka, serta selalu berpikir positif dan berlapang dada.
“Reframing itu  harus terus dilatih untuk membiasakan berpikir positif dan bersikap lapang dada” ungkap Bapak Faris Fanani kepada para etoser. Pembinaan berakhir sekitar pukul 11.00 WIB ditutup dengan gema teriakan The Divers of Glory dengan semangat kebersamaan.
“ The Divers of Glory ! Insyaallah, ALLAHU AKBAR !! ”
Share on Google Plus

About Etos Semarang

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi. Perkembangan psikologi manusia sekarang ini harus sangat diperhatikan agar mereka tidak berkembang dengan mental yang salah. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai psikologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete